Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah
|
:
|
MIN ………….
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Al-Qur’an
- Hadits
|
Kelas/Semester
|
:
|
VI/II
|
A. Standar Kompetensi
|
:
|
4. Menghafalkan surat pendek secara benar dan fasih
|
B.
Kompetensi
Dasar
|
:
|
4.1
Membaca Surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih
|
C.
Alokasi Waktu
|
:
|
6 x 35
menit (3x pertemuan)
|
D. Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
1.
Siswa dapat menghafal surat al-Bayyinah dengan lancar
dan benar
2.
Siswa dapat menterjemahkan surat al-Bayyinah dengan benar
3.
Siswa dapat menjelaskan kandungan surat al-Bayyinah dengan benar
4.
Siswa dapat melafalkan tiap ayat dari surat al-Bayyinah dengan fasih dan
benar
5.
Siswa dapat membaca surat al-Bayyinah secara keseluruhan dengan baik dan benar
6.
Siswa dapat mengamalkan surat al-Bayyinah dalam
kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.
|
E.
Tujuan
Pembelajaran:
Tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dalam pembelajaran ini adalah :
a.
Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dan
model pembelajaran langsung siswa diharapkan mampu Melafalkan dan membaca tiap ayat dari surat Al-Bayyinah dengan baik dan benar.
b.
Melalui ceramah, tanya jawab demonstrasi, penugasan
dan presentasi diharapkan siswa mampu Menghafal dan menterjemahkan surat Al-Bayyinah secara keseluruhan
secara baik
dan benar. dan menjelaskan kandungan surat
Al-Bayyinah secara singkat
c.
Melalui Penghayatan dari presentasi diharapkan siswa mampu mengubah perilaku, berakhlak mulia, dan Mengerjakan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari.
F. Materi Pembelajaran :
- Surat al-Bayyinah
G.
KKM : 70
H.
Strategi Pembelajaran :
a.
Pendekatan : CTL, PAKEM dan EEK
b.
Model :
Multi Model (CL dan DL)
c.
Metode : - Ceramah -.
Bercerita
-
Penugasan -.
Presentasi
- Tanya jawab -. Demonstrasi
- Diskusi Kelompok
d.
langkah – Langkah Pembelajaran
- Pertemuan 1
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Wkt
|
Metode
|
Fase 1
Penyampaikan tujuan, dan pemotivasian
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
- Guru dan siswa memulai
pelajaran dengan berdo’a bersama.
- Dengan bertanya (questioning).
guru mengecek kesiapan siswa “siapa diantara kalian yang sudah bisa membaca
dan melafalkan surat
al-Bayyinah?
Motivasi :
- “anak-anak, hari ini kita akan belajar membaca dan melafalkan surat al-Bayyinah
harapannya kalian dapat membaca dan melafalkan al-Qur’an dengan baik dan
benar”
Tujuan:
- Kalian mampu membaca dan
melafalkan surat
al-Bayyinah dengan baik dan benar”
.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan
seksama
Siswa
mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar
dan tumbuh minat belajarnya
|
10’ mnt
|
Ceramah
dan tanya jawab
Ceramah
dan tanya jawab
|
Fase 2
Menyampaikan
informasi dan mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan inti:
Memperdengarkan
bacaan surat al-Bayyinah melalui kaset /VCD/HP
Secara Deklaratif Menyajikan
informasi kepada siswa membaca dan melafalkan surat al-Bayyinah
|
Menyimak bacaan surat al-Bayyinah melalui kaset /VCD/HP.
Mendengarkan
penjelasan guru dengan seksama dan menirukan bacaan dan lafal surat
al-Bayyinah yang dicontohkan oleh pak guru (eksplorasi)
|
40’
|
Ceramah,
tanya jawab, dan demonstrasi(melafalkan)
|
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok
|
Guru
membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, satu kelompok terdiri dari 4
orang dan guru menugaskan masing-masing kelompok untuk membaca al-Qur’an
surat al-Bayyinah (buku paket halaman 50)
|
Mencari
kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama sesuai dengan tugas yang
diberikn guru.
Bertanya
jawab, berdiskusi (Elaborasi)
|
Tanya
jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Membimbing Pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
Guru
membimbing kelompok belajar pada saat
siswa melafalkan surat
al-Bayyinah dengan berkelompok, mengamati dan melakukan penilaian minat
belajar ( Authentic Assessment)
|
Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang lafal surat al-Bayyinah dan setiap kelompok mempresentasi-kannya di
depan kelas. (elaborasi)
|
Diskusi
Kelompok,presentasi dan Tanya jawab.
|
|
Fase 5
Evaluasi
|
Kegiatan penutup :
Guru
mengevaluasi hasil presentasi (membaca dan melafalkan s.al-Bayyinah) untuk
tiap-tiap kelompok. Memberikan koreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi : Guru menanyakan, “ Bagaimana
perasaanmu belajar pd hari ini anak2, senang? Apa saja yg sdh kalian pelajari
pada hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
Penugasan
(Pengayaan) : untuk PR di rumah kalian kerjakan
latihan (kegiatan siswa 2) di buku paket halaman 55 dan minggu depan
dikumpulkan
|
Antar Kelompok saling
mengkomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan
dari guru. (Konfirmasi)
|
20’
|
Penugasan
Ceramah,
tanya jawab, bernyanyi
|
Fase 6
Memberi penghargaan
|
Guru
memberikan penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu
maupun kelompok dengan bernyanyi
|
Siswa
menerima penghargaan guru dgn bernyanyi bersama-sama
|
- Pertemuan 2
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Wkt
|
Metode
|
Fase 1
Penyampaikan tujuan, dan pemotivasian
|
Kegiatan awal:
Apersepsi: dengan bertanya (questioning).
- Materi sebelumnya. Dan kesiapan
siswa
- “anak-anak
Minggu
lalu kalian sudah belajar ttg membaca dan melafalkan surat al-Bayyinah siapa
yang sudah dapat membaca dengan lancar?” “ya bagus sekali, siapa lagi yang
bisa membaca seperti temanmu tadi?”
Motivasi :
- “anak-anak, hari ini pak guru akan
menjelaskan tentang terjemahan dan
menghafal surat
al-Bayyinah harapannya kalian akan
dapat mengambil hikmah dari pelajaran ini.
Tujuan: Kalian mampu menghafal dan
menterjemahkan surat
al-Bayyinah dengan baik dan benar .
|
Siswa mendengar, menjawab
dengan seksama
Siswa
mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar
dan tumbuh minat belajarnya
|
10’ mnt
|
Ceramah
dan tanya jawab
Ceramah
dan tanya jawab
|
Fase 2
Menyampaikan
informasi dan mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan inti:
Secara
Deklaratif Menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan ttg terjemahan surat al-Bayyinah secara
makna lafdziyah dan keseluruhan
|
Mendengarkan
penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang terjemahan surat al-Bayyinah (eksplorasi)
|
40’
|
Ceramah,
tanya jawab, dan
demonstrasi(berceri-ta)
|
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok-kelompok
|
Guru
membagi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, satu kelompok terdiri dari 4
orang dan guru membagikan serta menjelaskan Lembar Kerja Siswa (LKS= student
worksheet) berupa kartu kalimat terjemahan surat al-Bayyinah
|
Mencari
kelompok masing-masing dan membaca dengan seksama atas langkah-langkah yang
harus dikerjakan sesuai LKS.
Bertanya
jawab, berdiskusi dan mengerjakan LKS
(Elaborasi)
|
Tanya
jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Membimbing Pelatihan, mengecek pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
Guru
membimbing kelompok belajar pada saat
siswa diskusi kelompok, mengamati dan melakukan penilaian minat belajar (
Authentic Assessment)
|
Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang tugas-tugas yg berkaitan dan mempresentasi-kannya dengan mencoccokkan terjemahan s.al-Bayyinah pada
kartu kalimat pada kelompok
masing-masing. (elaborasi)
|
Diskusi
Kelompok,presentasi dan Tanya jawab.
|
|
Fase 5
Evaluasi
|
Kegiatan penutup :
Guru
mengevaluasi hasil presentasi dan hasil diskusi kelompok. Memberikan koreksi,
memberikan umpan balik dan penguatan.
Refleksi : Guru menanyakan, “ Bagaimana
perasaanmu belajar pd hari ini anak2, senang? Apa saja yg sdh kalian pelajari
pada hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
Penugasan
(Pengayaan) : untuk PR di rumah kalian
kerjakan latihan (kegiatan siswa 2) di buku paket halaman 55 dan minggu depan
dikumpulkan
|
Antar Kelompok saling
mengkomentari, mengoreksi, memberikan umpan balik dan mendapatkan penguatan
dari guru. (Konfirmasi)
|
20’
|
Penugasan
Ceramah,
tanya jawab, bernyanyi
|
Fase 6
Memberi penghargaan
|
Guru
memberikan penghargaan untuk menghargai upaya atau hasil belajar individu
maupun kelompok dengan melakukan “tepuk anak saleh”
|
Siswa
menerima penghargaan guru dgn bertepuk tangan “tepuk anak saleh”
|
- Pertemuan 3
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Wkt
|
Metode
|
Fase 1
Penyampaikan tujuan, dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi: dengan bertanya (questioning).
- Materi sebelumnya. Dan kesiapan
siswa
- “anak-anak
Minggu
lalu kalian sudah belajar ttg terjemahan surat al-Bayyinah, siapa yang bisa
menterjemahkan surat al-Bayyinah ayat 1 ?” “ya bagus sekali, siapa yang bisa terjemahan
surat
al-Bayyinah ayat 2 ?”
Tujuan :
- “anak-anak, pebelajaran kita hari
ini menjelaskan kandungan surat al-Bayyinah
harapannya agar kalian mampu menjelaskan kandungan surat al-Bayyinah tersebut dan dapat
melakukan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari”
|
Siswa mendengar, menjawab
dengan seksama
Siswa
mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar
dan tumbuh minat belajarnya
|
10’ mnt
|
Ceramah
dan tanya jawab
Ceramah
dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan
pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan inti:
Secara
Deklaratif Menyajikan informasi kepada siswa menjelaskan ttg kandungan surat al-Bayyinah
|
Mendengarkan
penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya jawab tentang kandungan surat al-Bayyinah (eksplorasi)
|
40’
|
Ceramah,
tanya jawab, dan
demonstrasi(berceri-ta)
|
Fase 3
Membimbing pelatihan
|
Merencanakan
dan memberi bimbingan pelatihan awal dengan membaca kandungan surat al-Bayyinah ayat demi ayat, membagikan serta menjelaskan
Lembar Kerja Siswa (LKS= student worksheet)
|
Secara
bergiliran membaca kandungan surat al-Bayyinah.
Bertanya
jawab, berdiskusi dan mengerjakan LKS
(Elaborasi)
|
Tanya
jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek pemahaman dan
memberikan Umpan Balik
|
Kegiatan penutup :
Mengecek
apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, member umpan balik
|
Menjawab
pertanyaan guru, Tanya jawab dan mendapatkan penguatan dari
guru. (Konfirmasi)
|
10’
|
Penugasan
Ceramah,
tanya jawab, bernyanyi
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
|
Refleksi : Guru menanyakan, “ Bagaimana
perasaanmu belajar pd hari ini anak2, senang? Apa saja yg sdh kalian pelajari
pada hari ini? Apa manfaat dari pembelajaran hari ini bagi kehidupan kalian?”
Bapak harapkan agar anak-anak tidak melakukan perbuatan musyrik dan
kerjakanlah perbuatan amal saleh dalam kehidupan sehari-hari”
Penugasan
(Pengayaan) : melakukan pelatihan lanjutan,
dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dalam
kehidupan sehari-hari dengan memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
Melaksanakan
tugas (di rumah/ PR) mencari contoh perbuatan orang yang beriman dan beramal
saleh, dan contoh perbuatan orang-orang musyrik (Konfirmasi)
|
10’
|
I.
Sumber
dan Media Pembelajaran
a.
Buku Pelajaran Agama Kelas VI : ERLANGGA, Tim Bina Karya Guru 2009
b. LKS No ….dan Kertas Karton,
spidol, flip chart, HP/VCD,Kartu kalimat s.Al-Bayyinah, dll
J. Penilaian :
a. Tes : dengan essay 5 butir soal (terlampir)
b.
Non Tes :Penilaian minat belajar dan penilaian presentasi
(terlampir)
INDIKATOR SOAL
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH SOAL
|
1. Menghafal surat al-Bayyinah
2. Menterjemahkan surat
al-Bayyinah
3. Menjelaskan
kandungan surat al-Bayyinah
4. Melafalkan tiap ayat dari surat al-Bayyinah
5. Membaca surat al-Bayyinah secara keseluruhan
6. Mengamalkan surat
al-Bayyinah dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar
|
Tes lisan
tes
tes
Non Tes
Non Tes
Non Tes
|
Daftar pertanyaan
Essay
Essay
Tes unjuk kerja
Penilian Afektif-mengerjakan amal
saleh
|
Penilaian unjuk kerja ini akan diukur
dengan beberapa aspek :
1.
2.
3.
4.
Melakukan perbuatan amal saleh diukur
dg 4 aspek yaitu:
a.
Kegiatan shalat berjama’ah
b.
Sikap terhadap guru
c.
Sikap terhadap teman
d.
Aktif mengerjakan tugas
|
Gondol, ……………..
2015
Mengetahui :
Kepala MIN
……………. Guru Mata
Pelajaran al-Qur’an Hadits
........................... SYAIFURRAHMAN, S.Pd.I
NIP. …………. NIP. 197009052003121001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar